Fungsi AutoCAD dan Tips Belajar AutoCAD

Post On: 7 March 2015
March 7, 2015

AutoCAD merupakan software komputer yang digunakan untuk menghasilkan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Dengan perangkat lunak ini sangat memudahkan pekerjaan desain interior, insinyur mesin, arsitek dan berbagai profesi lainnya. Dengan berbagai fungsi AutoCad yang mudah diaplikasikan, menjadikan software ini populer dan banyak digunakan.

Fungsi AutoCAD

Aplikasi AutoCAD sekarang ini hanya dapat dioperasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Microsoft. Sebelumnya memang untuk sistem operasi Machintos dan Linux sempat bisa digunakan untuk menjalankan program AutoCAD. Tapi fungsi software AutoCAD hanya ini berlangsung pada sekitar tahun 1980-an hingga 1990-an.

Sayangnya fitur itu tidak lagi diteruskan AutoDesk sebagai pengembangnya. Berbagai versi dikembangkan AutoDesk sebagai perbaikan yang kreatif dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan. Berbagai pengembangan ini semakin mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan segala macam fitur menarik.

CAD adalah kependekan dari Computer-aided drafting and design program. Sehingga aplikasi ini sangat bermanfaat dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.

Sehingga dengan mengaplikasikan AutoCAD, maka bisa menghasilkan gambar dengan ketepatan tinggi, mudah dan hemat waktu. Karena berbagai fitur dan tool yang dihadirkan sangat mudah digunakan. Sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk bisa menguasainya.

Tips Mahir AutoCAD

fungsi autocad

Berbagai cara bisa ditempuh, agar Anda bisa mahir mengoperasikan software AutoCAD. Anda bisa mengikuti kursus di lembaga terpercaya, belajar dari teman, belajar dari buku atau bahkan belajar secara otodidak. Software ini berkembang dengan beragam versi, dimana setiap versinya akan mengalami penambahan fitur baru. Perubahan itu paling banyak ditemukan pada fitur intermediate hingga advanced.

Belajar dari buku banyak dilakukan, sayangnya sebagian besar buku hanya mengupas aplikasi AutoCAD untuk pemula saja. Jadi sangat sulit ditemukan buku untuk kalangan menengah dan mahir. Sehingga terkadang Anda harus melakukan eksplorasi sendiri, agar bisa menemukan fitur atau berbagai langkah yang dibutuhkan. Terutama untuk menunjang kebutuhan Anda. Kalau tertarik mempelajarinya secara otodidak, berbagai tips berikut ini bisa diterapkan.

  1. Memahami alur kerja dari AutoCAD
    Biasanya sebuah buku yang mengupas penggunaan AutoCAD akan menjabarkan caranya secara detail. Tujuannya agar memastikan pengguna pemula bisa mengoperasikannya dengan benar. Sayangnya berbagai langkah yang panjang itu, terkadang sulit Anda ingat di saat akan dibutuhkan tanpa melihat contekan di dalam buku. Mengingat semua langkah itu memang terkadang sulit, jadi solusinya adalah dengan memahami alur kerja tentang AutoCAD ini.

    Panduan dasar dalam mengoperasikan AutoCAD adalah dengan mengaktifkan tool dan memperhatikan command line. Dengan cara itu, Anda lebih mudah untuk memahami langkah selanjutnya yang bisa dilakukan. Kalau command line itu meminta base point, bisa memberikan titik acuan. Kalau diminta untuk memilih objek, Anda bisa memilihnya dan langkah selanjutnya tergantung dari kebutuhan Anda.

    Command line memang menjadi panduan penting dalam menggunakan AutoCAD. Tujuannya untuk mempermudah dalam menjalankan program ini. Semakin kompleks kebutuhan Anda, maka semakin banyak pula pilihan yang akan ditemui pada command line. Sebaiknya tidak menghafalkan segala langkahnya, karena bisa membuat pusing sendiri. Bagi yang sudah mahir biasanya akan lebih memperhatikan pada penambahan fitur baru. Karena bisa saja fitur baru itu sangat bermanfaat dan sedang dibutuhkan.

  2. Memahami manajemen gambar AutoCAD
    Software ini awalnya memang mengadopsi langkah menggambar secara manual. Untuk memudahkannya, Anda bisa mengoptimalkan fungsinya dengan menggunakan manajemen layer dengan memanfaatkan sheetsets dan beragam fitur lainnya.

  3. Mengoptimalkan penggunaan F1 atau Help File
    Anda bisa memanfaatkan Help File, saat Anda menjumpai berbagai kesulitan. Fungsi fitur ini tetap bisa digunakan, meskipun tidak terkoneksi dengan internet. Dengan menggunakan menu help ini, maka sistem akan mencarikan bahasan yang relevan dengan yang Anda cari. Sebagai contoh Anda bisa mengetikkan kata Dimedit, kemudian tekan enter di command line. Ketika tool tersebut sudah aktif, lanjutkan dengan menekan tombol  F1.

  4. Mengunjungi menu Tentang AutoCAD
    Dengan mengakses “Tentang AutoCAD”, maka Anda bisa mengetahui berbagai fitur yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Beragam hal bisa dijumpai pada menu tersebut. Semakin banyak informasi dan pengetahuan yang diketahui. Tentunya membuat Anda semakin mahir dalam mengoperasikan dan menghasilkan karya gambar yang semakin bagus, kreatif dan inovatif. Segala kebutuhan untuk menghasilkan bentuk atau gambar tertentu secara detail bisa diperoleh dengan menguasai setiap fitur yang diberikan pada AutoCAD.

  5. Sering mencoba, tidak hanya terpaku yang diajarkan buku atau informasi teman
    Bagi pemula, membaca dan mempraktekkan segala cara mengoperasikan AutoCAD sangat dibutuhkan. Sehingga berbagai elemen dasarnya bisa diketahui dan dikuasai dengan lebih mudah dan cepat. Agar kemampuan lebih berkembang, sangat disarankan jangan hanya terpaku dengan panduan yang disampaikan di dalam buku atau informasi dari teman saja.

Supaya Anda cepat menguasai banyak fitur di dalam software AutoCAD, sangat disarankan untuk mencoba satu per satu fitur yang disuguhkan. Karena terkadang Anda bisa menemukan cara yang lebih efektif dalam aplikasi fitur tertentu. Untuk memperkaya pengetahuan seputar AutoCAD, Anda bisa mengunjungi berbagai website atau blog terpercaya yang menyajikan beragam informasi mengenai tips dan triknya. Kenali beragam Simbol AutoCAD sebagai tool yang bisa digunakan dengan mudah dan cepat.

Berbagai cara Belajar AutoCAD tersebut sangat efektif, saat efektif kalau diterapkan. Tentunya dalam mempelajarinya membutuhkan waktu tertentu. Kecepatan belajar setiap individu bisa berbeda-beda, tergantung dari seberapa rajin dalam mempelajari dan mempraktekkannya. Sebagai langkah awal setelah mengetahui berbagai fitur AutoCAD, sebaiknya perdalam atau ciptakan berbagai karya menarik dengan menggunakan fitur tersebut.

Karena beragam bentuk bisa diciptakan dengan menggunakan aplikasi ini, sebaiknya lebih fokus pada salah satu bidang saja. Sebagai contoh kalau Anda seorang desainer rumah atau arsitek, maka bisa  menciptakan beragam desain bangunan rumah, mulai dari desain eksterior, desain interior, desain perabotan dan beragam bentuk lainnya seputar dunia arsitektur atau property. Dengan menciptakan gambar tiga dimensi, maka gambar yang tercipta seakan lebih nyata atau mirip dengan bentuk aslinya.

Software AutoCAD selalu dilakukan perbaikan sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan dalam menciptakan gambar tertentu. Sebaiknya Anda juga rajin mengikuti perkembangan ini, agar bisa terus update dengan perkembangan terkini. Supaya lebih mudah dalam menguasai fitur tertentu, cara paling mudah adalah dengan sering menggunakannya atau mempraktekkannya untuk menciptakan berbagai gambar. Sehingga berbagai fitur tersebut bisa Anda kuasai di luar kepala.

Kalau kemampuan mengaplikasikan AutoCAD sudah dikuasai, mulai dari untuk pemula, menengah dan mahir, maka sangat penting juga mengasah kreativitasan berkaitan dengan bidang yang ditekuni. Karena dengan unsur kreatif ini, gambar yang tersaji akan lebih artistik.

Tags: , ,

Related to Fungsi AutoCAD dan Tips Belajar AutoCAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *