Tips Mengatasi Baby Blues dan Depresi Setelah Melahirkan

Post On: 22 February 2015
February 18, 2015

Tidak semua ibu yang baru melahirkan merasa bahagia dengan lahirnya buah hati. Justru ada sebagian ibu yang merasa depresi ketika baru melahirkan dan tidak mau merawat bayinya. Kondisi ini dinamakan Baby Blues. Bagaimana cara mengatasi baby blues? Di bawah ini ada beberapa tips untuk mencegah Baby Blues dan Depresi bagi ibu yang baru melahirkan.

Cara Mengatasi Baby Blues

Cara Mengatasi Baby Blues

  • Persiapkan kehamilan dan persalinan dengan baik.
    Munculnya kecemasan dan rasa tidak percaya diri dapat merawat bayi dengan baik bisa dikurangi kalau ibu mempunyai bekal informasi yang cukup seputar persalinan dan perawatan sesudahnya. Ini bisa didapat dengan rajin konsultasi ke dokter kandungan, bertanya pada mereka yang lebih berpengalaman, membaca buku/majalah/tabloid, browsing di internet, dan sebagainya.
  • Berikan ASI
    Penelitian membuktikan, ibu yang berhasil memberikan ASI dengan lancar pada bayinya akan terhindar dari baby blues. Ini karena saat mamberikan ASI, ibu merasa rileks, secara psikologis muncul rasa percaya diri sebagai ibu memunculkan bonding/ikatan dengan bayinya.
  • Dukungan dari suami dan keluarga
    Sejak masa kehamilan, suami harus memberikan dukungan penuh pada ibu, istilahnya suami siaga, kapan pun dibutuhkan ia selalu siap sedia. Komitmen ini membuat ibu tidak merasa sendirian menjalani rutinitas barunya. Dukungan dari keluarga lainnya juga menambah ketenangan hati ibu. Dukungan keluarga juga mencegah gangguan baby blues menjadi lebih parah, yang nantinya berkembang menjadi depresi pascamelahirkan.
  • Tidak melakukan perubahan besar menjelang/sesaat setelah melahirkan.
    Sebaiknya tidak melakukan perubahan besar dalam hidup menjelang atau sesaat setelah melahirkan, seperti pindah rumah, berhenti bekerja, pindah kantor, bahkan memutuskan untuk bercerai, dan sebagainya karena pergulatan berat ini akan memicu emosi ibu.
  • Terapkan gaya hidup sehat
    Dalam badan yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Itulah mengapa, terapkan pola hidup sehat agar ibu tidak mudah stres. Kalaupun mengalami, stres itu tidak sampai berekembang menjadi lebih berat. Pastikan ibu mendapatkan makanan bergizi, menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan, tidur yang cukup, menjaga pola hidup bersih, dan berolahraga secara teratur.
  • Olahraga
    Olahraga sangat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi mental dan kejiwaan ibu Beberapa dokter memasukkan olahraga sebagai salah satu program terapi. Survei mental Health Foundation terhadap sekitar 200 dokter, sekitar 22% dokter ini merekomendasikan latihan fisik atau olahraga untuk membantu mengatasi depresi (Kompas, 2008 ). Relaksasi, melakukan kegiatan positif, mencari seseorang untuk berbagi, dan lainnya juga dapat mengatasi depresi.

Jika ditangani dengan baik, depresi pascamelahirkan dapat disembuhkan dan Anda dapat mengatasi baby blues. Dukungan dari lingkungan terdekat, terutama suami, akan sangat membantu. Semoga tips cara mengatasi baby blues di atas dapat membantu. Ayo, pak, bantu Ibu!

Tags: , , , , ,

Related to Tips Mengatasi Baby Blues dan Depresi Setelah Melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *