Dasar Dasar Teknik AutoCad

Post On: 4 March 2014
March 10, 2015

Dasar tentang AutoCad, Sebelum mendalami AutoCAD, alangkah baiknya kita mengetahui lebih dalam mengenai AutoCAD dan fungsinya.

Fungsi AutoCAD

AutoCAD merupakan software komputer yang digunakan untuk menghasilkan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi. Dengan perangkat lunak ini sangat memudahkan pekerjaan desain interior, insinyur mesin, arsitek dan berbagai profesi lainnya. Dengan berbagai fungsi AutoCad yang mudah diaplikasikan, menjadikan software ini populer dan banyak digunakan.

CAD adalah kependekan dari Computer-aided drafting and design program. Aplikasi ini berfungsi dalam bidang desain grafis, arsitektur, teknik sipil, mekanikal engineering dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan penciptaan gambar tertentu. Dengan perangkat lunak ini, maka lebih mudah dalam menghasilkan model yang tepat, guna memenuhi kebutuhan khusus. Karena gambar bisa dibuat menyerupai bentuk aslinya, dengan ukuran yang disesuaikan.

Menggunakan AutoCAD

Sebelum mengoperasikan Software AutoCAD, salah satu pengetahuan dasar yang harus dikuasai adalah pengetahuan tentang tampilan layar AutoCAD. Karena jika kita belum memahami pengetahuan tentang tampilan layar AutoCAD dengan baik maka kita akan sulit untuk bisa mengoperasikan program AutoCAD dengan baik. Berikut ini bagian – bagian atau Tools yang dapat dilihat pada tampilan ayar AutoCAD :

Auto cadTeknik Dasar Auto Cad

Keterangan :

1. Area Gambar

Area Gambar adalah lembar kerja atau tempat yang berfungsi untuk menampilkan gambar, untuk menggambar dan melakukan pengeditan gambar.

2. Baris Status

Baris Status ini berisi tentang informasi mengenai status lembar kerja kita dalam keadaan dari beberapa fungsi khusus, seperti polar, grid, ortho, snap, model dan lain-lain.

3. Baris Perintah

Baris Perintah ini berfungsi untuk memasukkan perintah-perintah yang ada pada AutoCAD, seperti CIRCLE, LINE, RECTANGLE, Ext dan lain – lain. Baris Perintah juga berfungsi untuk memberikan tanggapan terkait perintah-perintah tersebut seperti ukuran atau dimensinya.

4. Toolbar

Toolbar merupakan tombol-tombol yang isinya terdiri dari perintah-perintah AutoCAD yang dapat dipergunakan dengan cara mengkliknya sehingga kita tidak perlu mengetikkan perintah. Toolbar ini ditampilkan dalam bentuk simbol-simbol dalam sebuah kotak yang terbagi dengan fungsinya masing – masing.

5. Menu Pull Down

Menu Pull Down adalah Baris menu yang berisikan fungsi-fungsi untuk menggunakan AutoCAD, seperti perintah untuk penggambaran, menampilkan file gambar, mengubah setting, menyimpan dan lain – lain.

6. Coordinat System

Coordinat System adalah sumbu koordinat yang menunjukkan arah garis atau gambar menuju ke arah sumbuh X atau Y, jika 3 Dimensi maka akan muncul sumbu Z.

Demikian Pengetahuan Dasar tentang AutoCad, pahami terlebih dahulu fungsi dari masing – masing bagian diatas sebelum menggambar, agar saat mulai menggambar kita sudah paham dan mudah untuk menggambar pada AutoCAD.

Tags: ,

Related to Dasar Dasar Teknik AutoCad