Waspadai Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan Sejak Dini

Post On: 28 February 2015
February 24, 2015

Penyebab keguguran pada awal kehamilan bisa berasal dari beberapa faktor. Keguguran adalah keluarnya janin dari dalam kandungan secara premature dikarenakan sebab tertentu pada awal kehamilan. Terjadi biasanya sebelum usia kandungan dua puluh minggu. Dan keguguran dari dalam kandungan ini umumnya sangat ditakuti oleh ibu yang sedang mengandung. Mereka pun akan menjaga kandunganya dengan penuh kehati-hatian, agar tidak terjadi keguguran. Dikarenakan usia kehamilan 20 hari ini masih rentan sekali terhadap keguguran.

Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan

Dari faktor-faktor penyebab keguguran pada awal kehamilan di bagi menjadi dua yaitu :

  1. Penyebab keguguran pada awal kehamilan dari faktor internal : disebut dengan faktor internal dikarenakan penyebab keguguran diakibatkan dari kondisi janin itu sendiri misalnya dikarenakan ada kelainan kromosom.
  2. Penyebab keguguran pada awal kehamilan dari faktor eksternal : disebut dengan factor eksternal dikarenakan penyebab keguguran dikarenakan penyebab keguguran diakibatkan dari kondisi sang ibu dari janin tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum  bila usia awal kehamilan adalah usia yang sangat rentan sekali terhadap terjadinya keguguran kandungan. Di bawah 3 bulan adalah usia kehamilan yang sangat rentan sekali terhadap bahaya keguguran. Pada usia tersebut  sekitar 70 persen keguguran terjadi. Dan untuk para ibu hamil untuk berhati-hati dalam menjaga usia muda kehamilanya.

Bila terjadi keguguran maka seorang ibulah yang sangat terpukul sekali , mereka tertekan secara psikologis dan mental. dan terutama bagi ibu yang sudah lama ingin memiliki momongan. Dan tekanan itu semakin bertambah jika yang terjadi adalah keguguran yang sudah berulang-ulang kesekian kalinya.

Beberapa gejala awal keguguran

Pada awalnya gejala awal dari keguguran kandungan adalah disebabkan karena pendarahan. Mulai dari pendarahan ringan seperti, keluarnya bercak-bercak  darah sampai mengeluarkan darah (pendarahan) yang sangat hebat. Lalu kejang pada bagian otot perut dan nyeri/sakit pada bagian bawah perut.

Pada intinya, apabila ibu hamil merasakan gejala-gejala awal kehamilan seperti yang telah di katakan di atas, atau tanda-tanda lainnya yang mencurigakan adanya hal-hal yang tidak jelas pada ibu yang sedang hamil, sebaiknya segeralah untuk menghubungi dokter atau petugas  kesehatan terdekat.

Nah itulah dari beberapa penyebab keguguran pada awal kehamilan. Wanita yang rawan sekali mengalami keguguran adalah wanita yang sudah berusia di atas 35 tahun, atau wanita yang sudah mengalami keguguran berulang-ulang. Maka dari hal di atas disimpulkan bahwa semakin bertambahnya usia seorang wanita/ibu akan rentan sekali dengan terjadinya keguguran.

Menjaga kesehatan agar tidak mengalami keguguran

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan. Oleh karena itu menjaga kesehatan sewaktu hamil juga sangat penting bagi ke selamatan janin di dalam rahim. Dan ini adalah suatu kunci untuk menjaga dari keguguran.  Kunjungi dokter secara rutin untuk memeriksakan kesehatan maupun untuk memeriksa kondisi kehamilan. Kemudian ikuti arahan dari dokter apa yang harus di lakukan dan yang harus di hindari untuk kestabilan kehamilan.

Semoga artikel tentang Penyebab keguguran pada awal kehamilan ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian.

Tags: , , , , , ,

Related to Waspadai Penyebab Keguguran Pada Awal Kehamilan Sejak Dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *