Tips Cara Mengatasi Gangguan Insomnia

Post On: 4 March 2014
March 4, 2014

Cara Mengatasi Gangguan Insomnia, Tidur merupakan aktivitas rutin manusia untuk berstirahat atau kondisi tidak sadarkan diri yang relatif, kondisi tenang tanpa kegiatan dengan ciri-ciri memiliki kesadaran yang bervariasi, ada perubahan – perubahan fisiologi dan menurunnya respon terhadap rangsangan dari luar.

foto:doctorsgate

foto:doctorsgate

Manusia dengan usia antara 18-40 tahun membutuhkan tidur 7 sampai 8 jam per hari, kurangnya tidur akan menyebabkan fungsi dari organ-organ tubuh bekerja kurang optimal.

Gangguan tidur salah satunya disebabkan oleh Insomnia atau biasa disebut susah tidur. Insomnia merupakan suatu kedaan individu yang tidak dapat tidur dengan sesuai atau seimbang, baik secara kuantitas ataupun kualitas sehingga penyebab susah tidur atau tidur hanya sebentar.

Beberapa jenis atau ciri Insomnia seperti susah mengawali tidur, selalu terbangun ditengah-tengah kondisi tidur dan tak mampu tidur kembali (bangun di malam hari).

Cara Mengobati Gangguan Insomnia :

  1. Individu yang terkena gejala ini sebaiknya makan atau minum makanan berprotein sebelum mengawali tidur seperti minum susu dan makan telur.
  2. Sebaiknya tidur dilakukan saat sudah merasa benar-benar mengantuk dan jangan dipaksa saat kesadaran masih penuh.
  3. Tidur rutin sesuai dengan kebiasaan (pada malam hari) dan usahakan tidak tidur di siang hari dan sore hari.
  4. Melakukan meditasi atau teknik lain seperti pernapasan pelepasan otot.
  5. Jangan melakukan suatu hal yang dapat mengundang suatu kegiatan lain yang sangat diminati sebelum tidur.

Demikian Tips Cara Mengatasi Gangguan Insomnia, semoga tips diatas dapat bermanfaat. Jika gangguan Insomnia masih mengganggu anda silahkan konsultasikan ke Dokter. Terima kasih

Tags: , , , ,

Related to Tips Cara Mengatasi Gangguan Insomnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *