Tips Menjawab Tes Wawancara Kerja Perusahaan

Post On: 29 July 2013
July 30, 2013

Tips Menjawab Pertanyaan Tes Wawancara Kerja Perusahaan.

Wawancara kerja merupakan salah satu tahap penting bagi perusahaan untuk memilih calon karyawan baru. Pada tahap ini interviewer atau pewawancara akan mengajukan berbagai pertanyaan pada orang yang diwawancarai atau Interviewee.

tips menghadapi wawancara kerjaview

Kebanyakan orang telah menilai Inteviewee harus menjawab pertanyaan sampai pewawancara yang menanyai mengajukan pertanyaan lain sebelum si penjawab berhenti menjelaskan, padahal hal itu tak lebih baik, wawancara yang baik ketika pihak penanya mengajukan pertanyaan lebih mendalam tentang yang sedang dijelaskan, hal ini dinggap penjawab (interviewee) telah berhasil membuat interviever tertarik.

Sebelum membuat jawaban, sebaiknya kita mengetahui lebih dulu beberapa pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh interviewee, berikut kami akan mencoba membagi beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pihak Interviewer berikut cara menjawabnya.

Cara Menjawab Tes Wawancara Kerja :

1. Jelaskan Tentang Diri Anda?

Pertanyaan ini sering muncul di awal Interview, tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk menilai bagaimana diri anda, tentang pendidikan, kepribadian, sejarah pekerjaan , kualifikasi.

Kesan pertama akan ditentukan di pertanyaan pertama ini, sebaiknya anda harus memberikan jawaban yang jelas dan ringkas, dan tentu harus mudah dimengerti, 2-3 menit merupakan waktu yang cukup untuk menjelaskan tentang pendidikan, kepribadian anda, kualifikasi dan karir anda sebelumnya dan perlu diingat agar tak menyampaikan kejadian keluarga atau kejadian yang menyangkut kehidupan pribadi.

2. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Pertanyaan ini juga sering ditanyakan setelah pertanyaan pertama tadi, untuk menjawab kelebihan akan lebih mudah dibanding menjawab kelemahan. Bagaimana untuk menjawab pertanyaan yang berlawanan ini?.

Anda sebaiknya menjelaskan kelebihan anda yang berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar, kualifikasi kelebihan anda untuk membantu pekerjaan terkait, sebaliknya untuk menjawab pertanyaan kelemahan anda, tentunya akan lebih susah, jika anda menyebutkan tidak mempunyai kelemahan, anda pasti dinggap telah berbohong. Jawablah kelemahan yang anda miliki tetapi usahakan tak ada hubungannya dengan pekerjaan yang anda inginkan tersebut, lebih baik jika anda membuat jawaban kelemahan menjadi suatu kelebihan. Seperti: “saya terlalu banyak pertimbangan untuk mengambil sebuah keputusan.”.

3. Mengapa Anda keluar dari pekerjaan sebelumnya

Pertanyaan ini biasanya ditanyakan pada calon pekerja yang sudah pernah berkarir sebelumnya. Disini Interviewer akan mencoba mengetahui alasan anda keluar dari pekerjaan sebelumnya, komitmen anda, beserta pekerjaan yang dilamar apakah cocok dengan yang diinginkan.

Sebaiknya jawablah dengan tidak mengatakan mengapa anda  tak senang dengan pekerjaan sebelumnya, anda lebih baik menjawab bagaimana anda telah berhasil melalui alasan untuk tidak bertahan di pekerjaan sebelumnya itu. Usahakan jawab jujur, singkat dan jelas termasuk jika anda karena dipecat. Perlu digaris bawahi bahwa anda tak perlu menyebutkan masalah pribadi dalam hal ini.

4. Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?

Pada tahap pertanyaan ini, pewawancara akan menanyai sebab apa anda menginginkan pekerjaan itu, sebaiknya jawaban anda dipersiapkan lebih dulu dengan melakukan riset mengapa anda menginginkan pekerjaan itu, lingkungan sekitar.

Sebaiknya anda mengesankan diri anda membutuhkan pekerjaan itu karena benar-benar merasa cocok, bukan anda menginginkan itu demi menyambung hidup atau hanya ingin mendapat gaji semata.

5. Berapa gaji yang Anda Inginkan?

Ini adalah ertanyaan yang sensistif, karena gaji merupakan salah satu tujuan utama bekerja, dalam hal ini anda sebaiknya tidak menjawab terserah, suka-suka perusahaan atau lainnya. Anda sebaiknya meriset terlebih dahulu standar gaji dari posisi yang diinginkan, karena biasanya anada akan dibandingkan dengan gaji intervier lainnya. Di akhir wawancara biasanya anda akan ditanyakan lagi, disitulah waktu yang pas untuk bernmegosiasi.

6. Mengapa kami harus merekrut Anda?

Dalam menjawab pertanyaan ini sebaiknya anda sebutkan saja kemampuan-kemampuan Anda yang mampu mendukung perusahaan tersebut. Salah satu tentang spesifikasi kemampuan di bidang anda atau kemampuan tambahan.

7. Apa target Anda kedepannya?

Sebaiknya anda mengetahui seluk-beluk perusahaan yang anda lamar serta beberapa hal yang harus ditingkatkan dalam perusahaan itu untuk jauh berkembang, atau bersaing dengan perusahaan lainnya.

8. Adakah Pertanyaan?

Dalam wawancara terakhir biasanya pertanyaan demikian akan sering muncul, mungkin beberapa pertanyaan sudah terjawab atau sudah duketahui oleh anda di tengah-tengah wawancara, namun sbeiknya anda jangan mengatakan tidak ada pertanyaan, justru disinila anda bisa mengakhiri wawancara dengan baik, berikanlah kesan bahwa anda benar-benar tertarik untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Pertanyaan yang akan anda ajukan sebaiknya tidak terjawab dengan beberapa kalimat saja, tanyakanlah bagaimana kemungkinan anda mendapatkan pekerjaan tersebut, setelahnya anda sebaiknya berterima kasih pada pewawancara atas pertanyaan dan respon dari pertanyaan anda itu, jika masih ada pertanyaan di benak anda, sebaiknya juga ditanyakan. Jika anda berhasil di tahap ini anda bisa terkesan aktif dan benar-benar dirasa cocok untuk mengisi posisi yang anda inginkan itu.

Demikian Tips Menjawab Tes Wawancara Kerja Perusahaan, semoga tips diatas dapat bermanfaat. Baca Artikel menarik lainnya Tips Agar lulus Psikotes.

Tips wawancara, cara menjawab tes wawancara, tips menjawab wawancara kerja, wawancara kerja, menjawab pertanyaan tes wawancara, tips menjawab tes wawancara.

Tags: , , , , ,

Related to Tips Menjawab Tes Wawancara Kerja Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *